Info & Tips

Rekening Koran dan Status Transaksi Aplikasi Kiosbank

Fitur Rekening Koran dan Status Transaksi dapat diakses melalui halaman Online Report Kios mulai 1 Januari 2021

Fitur Rekening Koran adalah fitur untuk menampilkan detail data transaksi Kios dimana terdapat semua data transaksi sukses beserta pendebetan dan pengkreditan dananya termasuk jika ada topup deposit.

Di menu ini juga terlihat pengkreditan fee yang akan diterima oleh Kios (kecuali untuk produk dengan skema *Fee Langsung – bisa lihat di halaman Komisi).

Sedangkan Fitur Status Transaksi adalah fitur untuk mengetahui riwayat transaksi Kios yang mana tampilannya kurang lebih seperti laporan mutasi bank, dengan tambahan informasi status transaksi berhasil, pending, gagal dan refund.

Dengan adanya fitur ini, Kios dapat mengetahui histori transaksi dan juga menghetahui status dana yang terpotong karena transaksi berhasil ataupun dana yang dikembalikan dikarenakan kegagalan transaksi.

Menu Rekening koran dan Status Transaksi

status transaksi kiosbank

Rekening Koran

Pilih tanggal transaksi yang diinginkan, lalu klik “Lihat Rekening Koran”, maka akan muncul halaman sebagai berikut:

status transaksi kiosbank

 

Status Transaksi

status transaksi kiosbank

Ada pilihan view laporan status transaksi berdasarkan filter tanggal transaksi dan tanggal proses.
Lalu ada sub filter, bisa di filter berdasarkan kategori (filter 1) atau idpel (filter 2)

status transaksi kiosbank

status transaksi kiosbank

 

Keterangan:

Perlu diperhatikan bahwa, status transaksi pada saat pertama kali tercatat pada Online Report Kios, hanya ada 2 (dua); 
  1. Status transaksi “Sukses” ; adalah transaksi yang berhasil & sukses ditransaksikan
  2. Status transaksi “Pending” ; adalah transaksi yang belum bisa dipastikan statusnya Sukses atau Gagal (suspected transaction)
Selanjutnya untuk transaksi berstatus pending, akan dilakukan proses penyesuaian data (rekonsiliasi), 
yang selalu dijalankan pada hari kerja, sehingga akan terjadi perubahan status transaksi dari; 
  • Status transaksi “Pending menjadi Sukses”; dan
  • Status transaksi “Pending menjadi Gagal”
Dengan catatan jika terjadi perubahan status transaksi dari “Pending menjadi Gagal”
maka akan langsung tercatat “informasi pengembalian saldo” atau tercatat dalam Online Report Kios tersebut sebagai “Refund”
 
Sebagai pengetahuan, untuk kondisi yang terjadi pada saat transaksi dengan status “Pending” adalah sebagai berikut; 
  1. Informasi data laporan transaksi tetap tercatat sebagai transaksi dengan status “Pending”
  2. Struk transaksi tidak akan tercetak & tidak bisa dicetak selama transaksi berstatus “Pending”
  3. Saldo plafon akan tetap terpotong sesuai dengan nilai yang ditransaksikan. 
 
Demikian informasi ini kami sampaikan, atas perhatian dan kerjasamanya, kami ucapkan terima kasih.

 

 

Baca juga Artikel Rekomendasi: