FeatureInfo & Tips

Waspada Penipuan Social Engineering Kenali Bahayanya di Dunia Maya

Waspada Penipuan Social Engineering Kenali Bahayanya di Dunia Maya. Tips Amankan Akun Anda dari Bahaya Social Engineering

“Bagi 100 pembaca pertama, SELAMAT! Anda mendapatkan saldo KIOSBANK sebesar Rp 500.000 Silahkan tulis alamat dan nomor rekening kalian pada form yang disediakan dan ikuti petunjukknya di link ini www.hadiahkiosbank.com/saldo500rb untuk pengiriman hadiahnya”

Narasi tersebut seolah nyata dan menarik karena menawarkan hadiah menggiurkan, padahal informasi ini belum tentu dari lembaga resmi terkait.

Pernahkah kamu mendapat narasi penipuan di telepon, whatsapp, SMS, e-mail, atau Internet seperti ini? Di telepon terus, dirayu-rayu, diyakinkan seolah-olah ini benar, bahkan dipandu untuk melakukan transfer atau transaksi. Jika hal ini terjadi pada mitra Kiosbank, maka segera tutup telepon atau salurannya. Waspada terhadap segala bentuk penipuan, jangan mudah tergiur informasi yang tidak jelas, ini bagian dari social engineering.

Social engineering dapat diartikan sebagai ancaman yang bersifat non-teknis. Berbeda dengan peretasan yang umum kita kenal dengan membobol sistem teknologi keamanan dalam jaringan komputer, social engineering justru meretas informasi penting melalui psikologi dan pikiran manusia atau informasi yang Anda bagikan di Internet. Dalam mendapatkan informasi berharga dari seseorang, peretas membutuhkan teknik sosial dan persuasif yang tinggi, termasuk penipuan.

Para penipu tidak perlu repot-repot menerobos sistem keamanan dan merampok untuk mencuri uang. Cukup lewat telepon atau chat, mereka akan berpura-pura mengaku sebagai customer service, meminta data yang sebenarnya akses ke rekening atau akun kamu, lalu mengambil uang dengan mudah.

 

Bisnis PPOB Tambah Penghasilan

aplikasi kiosbank    aplikasi kiosbank

peluang usaha ppob online agen pulsa, token listrik kiosbank

 

Waspada Penipuan Social Engineering, Tips terhindar dari penipuan:

  1. Jangan pernah membagikan informasi apa pun kepada orang lain yang tidak ada hubungannya dengan transaksi. Terlebih informasi yang bersifat rahasia dan privasi. Seperti halnya OTP, PIN, Password, Email, dan termasuk tidak mempercayai oknum yang mengakui bahwa dirinya berasal dari pihak Kiosbank atau PT. Dwimitra Raya Sejati. Pihak Kiosbank tidak pernah menanyakan PIN dan PASSWORD. Mohon agar selalu merahasiakan kode PIN dan Password Anda.
  2. Menjaga informasi rahasia seperti nomor KTP, foto KTP, nomor rekening bank untuk tidak memberikan kepada siapa pun.
  3. Kenali saluran resmi kontak Kiosbank. Bila dibutuhkan, jangan segan-segan untuk bertanya langsung. Telepon Customer Service 021 294 88 776, WhatsApp : 0817 0040 888, email: [email protected].
  4. Ikuti terus informasi resmi di aplikasi Kiosbank Dekstop atau Kiosbank Mobile Android. Cek saluran kontak dan alamat kami di website https://kiosbank.id/kontak-kami/, dan social media facebook, twitter dan instagram @kiosbankID
  5. Cek dan Ricek. Selalu waspada dan jangan tergesa-gesa. Jangan mudah tergiur iming-iming yang belum jelas jika diminta untuk melakukuan transaksi atau transfer uang ke rekening a.n PT Dwimitra Raya Sejati. Kamu bisa konfirmasi kebenarannya terlebih dahulu ke nomor kontak atau saluran yang tersedia di atas.

Amankan semua akun dari bahaya Social Engineering

Tidak hanya akun Kiosbank saja, akun lainnya seperti rekening bank juga perlu diamankan agar mitra Kiosbank tidak mengalami kerugian finansial. Caranya juga tidak jauh berbeda dengan tips diatas. Jangan sebarkan informasi rahasia dan privasi serta kenali identitas resmi dari lembaga atau instansi akun Anda. Ingat! Jangan mudah percaya meski penelepon memiliki data kita secara lengkap, karena saat ini sudah banyak sekali data pribadi nasabah yang disalahgunakan. Selalu cek kebenaran sebelum mengambil keputusan. Jangan tergesa-gesa atau gegabah!

Selalu waspada dan tidak mudah tergiur informasi yang belum jelas dapat meminimalisir kita menjadi korban penipuan. Mitra Kiosbank dapat mengikuti dan mengenali tips ini dan selalu mencari kebenaran informasi terlebih dahulu jika ada keraguan sebelum bertransaksi.

Semoga kita semua terhindar dari bahaya Social engineering dan jangan membiasakan diri berbagi informasi yang sifatnya rahasia juga privasi di sosial media. Selamat bertransaksi mitra Kiosbank. Sukses selalu!

 

Baca juga: